Minggu, Oktober 05, 2008

Pertamina Kucurkan Rp 20 Miliar untuk ABG

JAKARTA, SENIN - Perusahaan minyak dan gas dalam negeri, Pertamina, mengucurkan dana sponsor sekitar Rp 20 miliar untuk penyelenggaraan pesta olahraga pantai antarnegara-negara Asia atau Asian Beach Games (ABG), 18-26 Oktober mendatang.

Kesepakatan kerjasama sponsor PT Pertamina dengan panitia pelaksana ABG itu ditandatangani Direktur Utama PT Pertamina, Ari H Soemarno, dan Ketua Umum KONI Rita Subowo di Executive Club Hotel Sultan, Jakarta, Senin (22/9) siang.

Penandatanganan kontrak sponsorship itu disaksikan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Adhyaksa Dault. Dengan dana Rp 20 miliar itu, Pertamina menjadi prestige partner ABG, level sponsorship tertinggi dalam pesta olahraga pantai pertama se-Asia itu.

Selain mengucurkan dana sponsor untuk ABG, Arie H Soemarno menjajaki kemungkinan memberikan bonus bagi atlet-atlet Indonesia yang berprestasi di ajang ABG. "Soal bonus itu, kami akan pikirkan. Kami akan berkonsultasi dengan Ibu Rita karena kami belum tahu aturan-aturannya," ujar Arie.

Munculnya Pertamina sebagai salah satu sponsor ABG melegakan Rita yang juga menjadi ketua panitia pelaksana ABG. Rita mengakui, pihaknya kesulitan menjaring sponsor untuk menyelenggarakan ABG. "Event ini sulit dipasarkan karena ini baru pertama kali tidak hanya di Asia Tenggara, tetapi juga di dunia," kata Rita.

Minimnya sponsor memaksa panitia menurunkan plafon anggaran untuk menyelenggarakan ABG, dari sekitar Rp 300 miliar menjadi Rp 200-an miliar. "Segala sesuatunya kami sesuaikan dengan kemampuan kam tanpa harus kurang dari standar OCA (Dewan Olimpiade Asia," lanjut Rita.

Tidak ada komentar: