Jumat, November 28, 2008

Menteri ESDM Resmikan Produksi Minyak Pertama Lapangan North Duri Area 12

RIAU. Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro Rabu (26/11) meresmikan produksi minyak pertama (first oil) dari Area 12 proyek North Duri Development (NDD) dikelola PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI). Proyek NDD merupakan pengembangan lanjutan dari Lapangan Duri ini diharapkan dapat memacu kembali produksi minyak Lapangan Duri. Turut mendampingi Menteri ESDM dalam acara tersebut Dirjen Migas, Evita H. Legowo dan Kepala BP Migas, R.Priyono.

Lapangan North Duri Area 12 yang merupakan pengembangan terbaru sisi utara Lapangan Duri yang diitemukan pada tahun 1941 di Riau, Sumatra. Produksi saat ini diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan hingga mencapai 34.000 barrel per hari pada 2012 dengan menerapkan teknologi steamflood tahun depan. Teknologi tersebut mampu memperpanjang usia produksi lapangan ini dan meningkatkan angka recovery minyak yang dapat terangkat.

Steamflood merupakan sebuah metode enhanced oil recovery (EOR) di mana uap diinjeksikan ke dalam reservoir untuk meningkatkan angka recovery minyak. Di Lapangan Duri, steamflood terbukti mampu meningkatkan produksi hingga lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan hanya primary recovery. Lapangan Duri saat ini merupakan salah satu proyek steamflood terbesar di dunia.

PETA LADANG MIGAS JAWA TIMUR

Tidak ada komentar: