Rabu, Desember 03, 2008

Minyak Jatuh ke Angka Terendah dalam 3 Tahun

Rig minyak lepas pantai di Samudera Pasifik, California


Rabu, 3 Desember 2008 |

COLUMBUS, RABU - Harga bensin ritel di AS dan minyak mentah anjlok ke angka terendah dalam 3 tahun terakhir di tengah adanya pernyataan resmi AS telah terjeblos ke dalam resesi. Pemerintah AS melaporkan tingkat pengangguran telah meningkat ke angka tertinggi dalam 14 tahun atau mencapai 6,5 persen Oktober lalu.

Banyak ekonom yakin kenaikan tingkat pengangguran mencapai 8 persen sebelum kondisi ekonomi kembali pulih. Data tingkat pengangguran bulan November di AS akan dikeluarkan Jumat (5/12).

Kontrak pengiriman minyak mentah light, sweet untuk bulan Januari tahun depan turun lebih dari 4 persen atau 2,32 dollar AS serta ditutup pada 46,96 dollar AS per barrel di bursa komoditas New York Mercantile Exchange. Sebelumnya kontrak ini sempat mencapai 46,82 dollar AS per barrel atau level terendah sejak 20 Mei 2005.

Penurunan harga bensin di AS telah memasuki pekan ke-20 sejak awal Juli lalu dan mencapai penurunan 48 sen per liter. Menurut Badan Informasi Energi AS, rata-rata harga bensin nasional di negara ini mencapai kenaikan 1,08 dollar AS per liter Juli lalu.


JIM
Sumber : AP

Tidak ada komentar: