Senin, September 14, 2009

Stok BBM Jelang Lebaran Aman

Jum'at, 19 September 2008 - 19:14 wib



JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan stok BBM nasional menjelang Idul Fitri tahun ini aman. Per 18 September, stok semua jenis BBM masih berada di level aman rata-rata hingga 22,1 hari mendatang.

"Stok BBM kita aman untuk Lebaran mendatang," ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Faisal, di sela buka puasa bersama di Pom Bensin Pertamina Kuningan, Jakarta, Jumat (19/9/2008).

Untuk jenis premium dipastikan mencukupi untuk 18,1 hari, jenis solar aman untuk 24,7 hari ke depan. Sedangkan elpiji dapat mencukupi untuk 17,69 hari ke depan.

Untuk itu, dalam mengamankan pasokan, Pertamina mengantisipasi beberapa hal, antara lain pembentukan satuan tugas (satgas) BBM, serta membentuk posko yang disiagakan sejak H-10 hingga H+10 di sejumlah titik SPBU sepanjang jalur mudik, seperti di jalur Pantura, selatan, arah Merak dan Lampung. Hal ini termasuk pengoperasian depot operasi selama 24 jam.

Selain itu, Pertamina pun menyiagakan SPBU untuk beroperasi penuh selama 24 jam. "Pembukaan SPBU 24 jam di jalur-jalur tertentu kami wajibkan. Kalau tidak diwajibkan juga, saya yakin pengusaha juga tetap akan buka selama 23 jam karena omsetnya besar," tambahnya.

Pertamina juga telah menentukan SPBU strategis sebagai SPBU kantong, yakni SPBU yang akan digunakan sebagai lokasi pangkalan mobil tangki BBM yang siap diberangkatkan bilamana ada SPBU yang dekat dengan SPBU kantong.

Dengan demikian, distribusi BBM dapat dilakukan lebih cepat dengan memperpendek jarak distribusi sebagai antisipasi kemacetan. Adapun jumlah SPBU kantong tersebut ada 40 SPBU, yakni 4 buah di wilayah Banten-Lampung, 12 buah di wilayah Jawa Barat, 17 buah di Jawa Tengah-DIY, dan 7 buah di Jawa Timur

Sumber: okezone.com coy

Tidak ada komentar: