Rabu, Desember 17, 2008

HUT ke 51: Program-Program dalam Transformasi PT. Pertamina (Persero) Sukses




Jakarta, Desember 2008 -
Transformasi yang dijalankan PT. Pertamina (Persero) saat ini sudah berjalan baik ditandai tercapainya kesuksesan program-program dalam Transformasi tersebut. Dalam press conference yang diadakan berkaitan dengan perayaan ulang tahun pertamina yang ke 51, Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Ari H. Soemarno, mengatakan "Proses Transformasi berlanjut guna mencapai momentum positif tahun depan".

Dalam proses panjang transofmasi Pertamina, banyak kisah sukses yang telah dihasilkan oleh para karyawan. Break Through Projects (BPT) merupakan program kerja yang mendorong terjadinya transformasi Pertamina di lini terdepan. Untuk itu, Pertamina memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menunjukkan hasil kerja terbaik melalui program BTP di berbagai bidang.

Di sektor Hulu, produksi migas dan panas bumi terus meningkat, dibandingkan dengan produksi di tahun sebelumnya. Produksi rata-rata minyak hingga November 2008 ini mencapai tingkat produksi lebih dari yang pernah diraih Pertamina, yakni total sebesar 150,2 MBOPD dan produksi gas terbesar 1.178 MMSCFD. Bersamaan dengan perayaan ulang tahun Pertamina ke - 51, lapangan minyak Cepu mulai memproduksi minyak dengan kapasitas 10 ribu barrel perhari, dan secara operasional akan fully-operated pada bulan Februari 2009.

Di samping mengembangkan sektor hulu migas dalam negeri, kita juga aktif mengembangkan resource base di luar negeri, baik di wilayah onshore maupun offshore seperti Malaysia, Vietnam, Libya, Qatar, Sudan dan Irak.

Kinerja dalam bidang pengolahan juga mengalami peningkatan. Melalui Operational Performance Improvement (OPI) Pertamina telah berhasil menghemat Rp. 656 milyar setahun. Melihat berbagai perkembangan serta efisiensi yang telah diupayakan, melalui proyek ini Pertamina berpotensi untuk dapat lebih menghemat hingga Rp. 1.984 milyar lagi. .

Beberapa penghargaan diterima oleh kilang-kilang Pertamina tahun ini. Kilang Dumai, Plaju dan Balikpapan berhasil memperoleh kecelakaan nihil dari department ESDM dan Depnakertrans. Unit pengolahan Balongan dan Plaju memperoleh penghargaan CSR dan pengelolaan keselamatan kerja dan lingkungan. Kilang Cilacap, AGH Kamojang, AGH Lahendong dan PT. Badak NGL menerima penghargaan Proper Hijau untuk ketaantan pengelolaan lingkungan hidup. Pencapaian penting lainnya adalah pelaksanaan proyek Kilang Lube Base Oil Group II di Dumai dengan kapasitas 7000 BPSD, yang dapat diselesaikan dua bulan lebih cepat dari target.

Hingga akhir November 2008, Program Pasti Pas telah mencapai 1.294 SPBU dengan kualitas pelayanan terbaik, melampaui target hingga 30 persen. Berdasarkan di bulan Mei lalu, penjulan SPBU Pasti Pas untuk daerah Jakarta telah menunjukkan kenaikan rata-rata sebesar 10 persen lebih baik daripada penjualan SPBU tersebut sebelum Pasti Pas. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memberikan respon positif pada kehadiran SPBU Pasti Pas. Selain itu, MarkPlus juga telah menganugerahkan penghargaan " Best Services Excellence" untuk Prograam Pasti Pas. Ini adalah suatu tanda nyata bahwa tingkat pelayanan SPBU Pertamina telah mendekati SPBU tingkat dunia.

Pencapaian-pencapaian yang telah dicapai di atas tidak terlepas dari dukungan SDM yang senantiasa berusaha menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG). Selain itu juga ditunjang oleh keuangan yang memperoleh dukungan dan kepercayaan penuh perbankan internasional dan nasional secara terus menerus di saat perbankan lokal dan asing mengurangi bahkan menghentikan dukungannya kepada banyak perusahaan.

Mengenai prediksi pencapaian tahun depan, Ari mengatakan, "Tahun depan merupakan tahun penuh tantangan terutama terkait dengan krisis finansial yang melanda dunia, sehingga perlu disadari bahwa sebagai perusahaan bisnis, Pertamina tetap harus mencapai keuntungan dengan efisiensi sesuai yang ditargetkan".
Ditulis oleh DIVISI KOMUNIKASI

Tidak ada komentar: